Final Piala AFC 2022: PSM Kandas Dikalahkan Kuala Lumpur City

Makassar, Sepakbola270 Dilihat
Duel Kuala Lumpur City vs PSM Makassar di final zonal ASEAN Piala AFC 2022 di Kuala Lumpur Stadium, Rabu (24/08/2022) malam WIB. (c) PSM Makassar Official Twitter

Smartcitymakassar.com – Kuala Lumpur – PSM Makassar harus mengakui ketangguhan Kuala Lumpur di laga final Piala AFC 2022 zonal ASEAN di Kuala Lumpur Stadium, Rabu (24/08/2022) malam WIB.

Laga ini berlangsung seru dan menegangkan. Kedua tim silih berganti bermain terbuka, saling menyerang dan menghasilkan banyak gol.

Gol-gol Kuala Lumpur dihasilkan Romel Morales, Jordan Mintah, Paulo Josue (brace), dan Hadin Azman. Sementara gol PSM Makassar dicetak oleh Yakob Sayuri dan Akbar Tanjung.

Dengan hasil ini perjalanan PSM di Piala AFC akhirnya kandas. Sementara itu Kuala Lumpur City melenggang ke babak playoff semifinal Inter Zone.

Pada babak pertama, laga dibuka dengan tempo sedang. Kedua tim sama-sama bermain terbuka namun tak terlalu berani menyerang secara frontal.

Alhasil dalam 12 menit pertama, tak ada peluang apik yang diciptakan kedua kubu. Peluang nyata akhirnya muncul pada menit ke-13. Penyerang asing Kuala Lumpur melepas tembakan dari jarak dekat di sisi kanan kotak penalti. Untung bola masih bisa diblok oleh Reza Arya.

Menit ke-20 Yance dilewati satu pemain Kuala Lumpur di sayap kanan. Bola kemudian dioper para Morales, yang langsung melepas tendangan kaki kanan. Untung bola bisa diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tapi dari tendangan penjuru itu PSM juga hampir kebobolan tapi untung bola masih bisa dihalau skuat Juku Eja keluar lapangan.

Menit ke-32, gawang PSM akhirnya jebol juga. Umpan dari sayap kanan menciptakan kemelut di kotak penalti. Bola akhirnya disambar Romel Morales yang berdiri di tengah kotak penalti. Dengan kaki kanannya ia mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Juku Eja. 1-0.

Usai tertinggal PSM berusaha keluar menyerang. Namun mereka malah kebobolan dari serangan balik pada menit 45+1. Morales yang berlari di halfspace kanan memberikan umpan ke tiang jauh. Di sana sudah ada Jordan Mintah yang menuntaskan peluang tersebut dengan sepakan kaki kirinya. 2-0!

Gol ini jadi penutup laga babak pertama. Kuala Lumpur 2-0 PSM Makassar.

Di babak ke dua, PSM Makassar membuka laga babak kedua dengan buruk. Pada menit ke-52 mereka diganjar penalti usai Rizky Eka melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Eksekusi kemudian dilakukan oleh Paolo Josue dengan sempurna. 3-0.

Menit ke-57 PSM bisa memperkecil ketertinggalannya. Yakob Sayuri melepas tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola bersarang di pojok kanan gawang Kuala Lumpur. 3-1.

Menit ke-62, PSM bisa mencetak gol lagi. Rasyid Bakri mengirim umpan sepak pojok yang apik ke tengah kotak penalti. Bola kemudian disambar tandukan Akbar Tanjung. 3-2.

Sayangnya pada menit ke-83, gawang PSM kembali dijebol Kuala Lumpur City. Mintah melepas tembakan keras dari luar kota penalti. Bola rebound kemudian dimanfaatkan oleh Paulo Josue. 4-2.

Menit ke-87 PSM mengancam melalui tendangan keras Yakob Sayuri. Bola yang mengarah ke pojok kanan bawah masih bisa ditepis kiper Kuala Lumpur.

Menit 90+2, Kuala Lumpur mendapat penalti setelah Reza Arya melakukan pelanggaran keras pada Jordan Mintah. Eksekusi kemudian dilakukan oleh apik oleh Hadin. 5-2.

Pada akhirnya PSM Makassar tak bisa mencetak gol balasan sampai laga berakhir. Kuala Lumpur City pun menang 5-2. [aan]

Komentar